Tokoh Wanita Indonesia yang Pernah Hiasi Laman Google Doodle, Siapa Saja?


Siapa saja yang menggunakan Google kadang-kadang melihat Doodle, logo yang dirancang khusus untuk memperingati liburan, acara, prestasi, dan tokoh sejarah te

kemuka, nah Siapa saja tokoh sejarah yang pernah ada di google doodle?


1. Marie Thomas

Google dengan Doodle-nya merayakan ulang tahun ke-125 Marie Thomas tanggal 17 Februari 2021. Siapa sosok perempuan yang diangkat google doodle tersebut?


Marie Thomas adalah dokter perempuan pertama di Indonesia yang lahir 17 Februari pada tahun 1896 di desa Likupang, Indonesia.


Marie Thomas mengukir sejarah sebagai spesialis wanita pertama di bidang ginekologi dan kebidanan.


Dalam keterangan dan deskripsi doodlenya, Google menjelaskan, Marie Thomas terkenal karena kemurahan hatinya.


Thomas sering memperlakukan mereka yang tidak mampu membayar perawatannya dengan gratis. Dia lebih jauh menunjukkan kecintaannya pada perawatan pasien dengan mendirikan sekolah kebidanan di Sumatera yang pertama; hanya yang kedua dari jenisnya di Indonesia saat itu.


"Selamat ulang tahun, Dr. Marie Thomas. Terima kasih atas dedikasinya yang tanpa pamrih untuk kehidupan orang lain yang telah membuka jalan bagi perempuan di Indonesia untuk mengejar kedokteran dan pendidikan tinggi," tulis Google.


Google menampilkan sosoknya di Google Doole pada 17 Februari 2021


2. Maria Walanda Maramis


Maria Walanda Maramis lahir pada 1 Desember 1872 dan wafat tahun 1924 dikenal sebagai pahlawan wanita yang memajukan keadaan wanita di Indonesia pada awal abad ke-20.


Berkat kontribusi dan dedikasinya, diberi gelar Pahlawan Pergerakan Nasional pada 20 Mei 1969.


Jauh sebelumnya, pada 8 Juli 1917 Maria bersama beberapa orang mendirikan Percintaan Ibu Kepada Anak Temurunannya (PIKAT) sebagai bentuk kesadaran peran ibu dalam keluarga yang bertujuan mendidik para wanita mengenai hal-hal rumah tangga, seperti memasak, menjahit, merawat bayi, dan lainnya.


Maria Walanda Maramis juga dianggap memiliki sifat yang terbuka dengan segala jenis pengetahuan, sehingga lebih maju ketimbang kaum lelaki.

Untuk mengenang jasanya, telah dibangun Patung Maria Walanda Maramis yang terletak di Kelurahan Komo Luar, Kecamatan Wenang. Patung Maria Walanda Maramis berada sekitar 15 menit dari pusat Kota Manado yang bisa ditempuh dengan angkutan darat.


Google menampilkan sosoknya di Google Doole pada 1 Desember 2018.


3. Minarni Soedarjanto


Google Doodle menampilkan animasi pebulutangkis wanita. Dikutip dari laman Wikipedia.org, Minarni Soedarjanto merupakan atlit bulutangkis asal Indonesia.


Beliau menjadi Google Doodle dalam rangka memperingati hari kelahirannya.

Minarni Soedarjanto atau Minarni Sudarjanto lahir di Pasuruan, Jawa Timur, 10 Mei 1944. Dimasa hidupnya, Minarni Soedarjanto menjadi pebulutangkis sejak 1959 sampai tahun 1975-an.


Pada usia 59 tahun, tepatnya 14 Mei 2003, ia menghembuskan napas terakhir di Jakarta.


Selama menjadi pebulutangkis ia telah menorehkan segudang prestasi baik sebagai pemain tunggal maupun ganda.


Google menampilkan sosoknya di Google Doole pada 10 Mei 2019


4. Dewi Sartika


Doodle art Dewi Sartika dapat ditemukan di halaman utama Google pada 4 Desember 2016 untuk merayakan ulang tahun beliau yang ke-132. Pahlawan nasional yang lahir pada tahun 1884 ini merupakan tokoh perintis pendidikan bagi kaum perempuan.


Peninggalan beliau yang cukup banyak dikenal adalah Sekolah Isteri Pedopa yang jadi cikal bakal Sekolah Raden Dewi Sartika.


Sebagai anak dari keluarga priyai sunda, Dewi Sartika banyak mendapatkan pendidikan yang layak. Baik dari kedua orang tuanya, hingga di sekolah belanda. Sebelum mendirikan Sakola Istri, Dewi Sartika lebih dulu memulai pendidikan bagi kaum perempuan dengan mengajar anggota keluarganya yang perempuan.


Dewi Sartika juga menulis sebuah buku berjudul Kaoetamaan Istri. Buku tersebut ditulis sebagai bahan bacaan bagi anak sekolah dan juga orang tua.


Berkat jasa-jasanya tak heran jika Google memperingati kelahiran Dewi Sartika dengan menampilkan sosoknya dalam Google Doodle.(**/ftr)


Google menampilkan sosoknya di Google Doole pada 4 Desember Februari 2016

41 tampilan0 komentar