MEETING ONLINE, ENAKNYA PAKE APLIKASI APA YA?


Sejak pandemi corona merebak ke seluruh negeri, penggunan aplikasi komunikasi kian meningkat pesat. Contohnya saja, ketika masyarakat ingin melakukan video conference, banyak opsi untuk menggunakan aplikasi untuk menjadi perantara. Sebut saja Zoom Meeting, Google Meeting, Microsoft Teams dan masih banyak lagi.


Hingga kini aplikasi komunikasi tersebut mengalami lonjakan pengguna, karna tidak hanya untuk komunikasi visual, tapi dengan tambahan fitur lainnya.

Kira-kira lebih enak pakai aplikasi apa ya?

Jujur saja, ketika awal pandemi di awal Maret 2020 di Indonesia. Pemerintah mulai melarang warganya untuk saling bertemu dalam skala besar. Alhasil ruang gerak untuk bekerja sedikit terbatas. Meski begitu, penulis tetap berkomunikasi dengan rekan kerja menggunakan Zoom Meeting untuk berkomunikasi dibanding skype yang sudah diketahui secara awam untuk video conference.

Mungkin pengguna lebih membutuhkan fitur yang lebih dari skype. Ya, contohnya penulis yang menggunakan zoom.

Kenapa pilih Zoom? Mungkin karna Zoom jadi aplikasi yang paling booming pada masa awal pandemi. Eh, nggak juga. Tapi menurut penulis, Zoom merupakan aplikasi yang mudah digunakan dengan kualitas audio dan video yang bagus. Uniknya background atau latar belakangnya bisa diubah.

Sayangnya data yang ditampilkan seperti dokumen word, tidak bisa diedit saat itu juga.

Btw, Zoom sendiri ada dua versi, versi gretongan alias gratis sama versi berbayar. Eh semua aplikasi juga emang ngegunain versi gratis dan berbayar.


Nah buat Zoom versi gratis cuma bisa mencakup 100 orang dengan durasi 40 menit. Sedangkan versi berbayar yang dihargai mulai dari Rp. 200 ribu perbulan dengan tambahan fasilitas seperti durasi panggilan video sampai 24 jam.


Semua versi Zoom juga nawarin integrasi dengan aplikasi email dan kalender populer seperti Microsoft Office 365, Outlook, Gmail dan iCal, agar mudah untuk menjadwalkan dan bergabung dengan rapat.


Sebelum Zoom 5.0, keamanan Zoom sempet dikritik loh karna gak bisa ngontrol siapa yang masuk ke ruang obrolan. Sampe-sampe linknya bisa kesebar di media sosial. Nah di Zoom 5.0 ada Waiting Room sama Report User, biar ngehindarin zoomboombing.

Gak Cuma Zoom, ada juga Google Meet.


Awalnya Google Meet digunakan oleh pebisnis dan profesional yang punya akun G Suite. Nah karna peminat video conference meningkat, Google Meet bisa diakses versi gratis dengan durasi 60 menit dan melibatkan 100 pengguna.


Penulis juga pernah pake Google Meet melalui smartphone, di bulan April. Sayangnya, tampilan Google Meet tidak se-simple Zoom. Mungkin karna dashboard-nya yang terlihat penuh dalam satu layar di smartphone. Semua pengguna beserta namanya tertera perkolom, dengan pembicara utama diperbesar di atas atau tengah layar. Tapi untuk resolusi video, Google Meet mantap.


Oh iya, yang menariknya Google Meet adalah ketika pengguna berbicara tapi microphonr di-mute. Nantinya Google Meet akan memberi informasi, kalau suara pengguna tidak bisa didengar.


Biar makin eksis, Google Meet juga nambah dan ngembangin fitur teranyar. Diantaranya, tile view yang memungkinkan 16 orang tampil dilayar bersamaan (macem Zoom). Nah istimewanya Google Meet adalah memiliki fitur eksklusif, jadi hanya pemilik G Suite tertentu saja.

Btw, layanan gratisnya diperpanjang sampai Maret 2021.

Dan aplikasi video conference terakhir yang pernah penulis coba adalah Microsoft Team. Tapi sayangnya, tidak banyak diulik atau digunakan.

Kelebihan yang dirasa dari Microsoft Team adalah bisa mengedit langsung data atau dokumen Office dengan pengguna lainnya saat itu juga. Microsoft Team sendiri bisa nge-hosting panggilan sampai 250 pengguna. Cocok nih buat perusahaan atau lembaga seperti bisnis sampai pendidikan. Kalau berbayar malah bisa sampai 10 ribu orang. Penawaran layanan gratisnya juga sampe 6 bulan.


Nah itu dia, 3 aplikasi video conference yang pernah penulis gunakan. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan yaa.. gak ada yang tampil sempurna, yang ‘sempurna’ itu lagu nya Andra and The Backbone..(mdy)

https://www.acc.co.id/news/read/pilih-yang-mana-ini-perbedaan-zoom-google-meet-dan-microsoft-teams

https://www.limone.id/aplikasi-video-conference-pilihan/

36 tampilan0 komentar
  • Facebook
  • Instagram

©2023 by Digital Klite 107.1 Fm Bandung