Inilah Lagu Yang Dianggap Bisa Memicu Orang Untuk Bunuh Diri.

Diperbarui: 16 Okt 2020

Musik biasanya didengarkan untuk membangun mood positif. Mulai dari membangkitkan semangat maupun membuat rileks. Namun dari miliaran lagu yang beredar di luar sana ada beberapa lagu yang konon dapat menyebabkan pendengarnya depresi hingga bunuh diri. So sahabat diklites, kali ini diKLITE akan memberikan info lagu yang dianggap bisa Memicu Orang Untuk Bunuh Diri Yuk lihat lagu apa saja yang termasuk!




I. Judas Priest Better By You, Better Than Me


Penikmat musik heavy metal rasanya tak asing lagi mendengar Judas Priest. Band asal Birmingham Inggris yang beranggotakan Rob Halford, Richie Faulkner, Glenn Tipton, Ian Hill dan Scott Travis, band kesukaan presIdEn RI Jokowi, sudah melegenda di kancah musik Metal.


Sejarah mencatat, karya band cadas asal Inggris ini tidaklah main-main. Mereka telah merilis sedikitnya 18 album studio, 6 album live, 6 album kompilasi serta 10 album video. Sahabat Klites tahu apa yang bikin mereka dicintai penggemarnya? Fan sangat menggandrungi lagu Breaking the Law, Killing Machine, Painkiller, Turbo Lover dan Better by You.


Diantara Lagu yang s disebutkan tadi, ada satu judul lagu Better By You, Better Than Me yang dianggap mengandung ajakan bunuh diri. Lagu yang merupakan cover version dari Spooky Tooth, di album Staind Class (1978) dianggap telah menganjurkan dua remaja, James Vance (20 tahun) dan Ray Belknap (19), melakukan percobaan bunuh diri di Nevada, Amerika Serikat.


Dikisahkan, kedua pemuda tersebut, mabuk berat usai minum bir dan mengisap ganja, melakukan percobaan bunuh diri usai mendengarkan lagu "Better By You, Better Than Me. Kata "do it" di lagu tersebut dianggap telah memengaruhi kedua remaja tadi untuk melakukan percobaan bunuh diri dengan pistolnya. Peristiwa itu membuat Belknap meninggal seketika, sedangkan sahabatnya Vance bisa diselamatkan akan tetapi Ia mengalami luka-luka serius yang membuatnya cacat, tiga tahun kemudian dia meninggal.


Judas Priest pun masuk pengadilan. Untungnya, setelah menjalani proses pengadilan yang panjang, Judas Priest akhirnya diputuskan tidak bersalah, Dalam persidangan, sang vokalis Rob Halford dengan cueknya menyebut daripada menyuruh orang bunuh diri, lebih baik mereka menyuruh pendengar membeli album Judas Priest. Nah lohhhhhh.

I. Billie Holiday , Gloomy Sunday “The song of the killer”


Kalian mungkin pernah dengar kisah tentang lagu "Gloomy Sunday". lagu yang direkam abad 20 dianggap paling menyedihkan bahkan didaulat "The Suicide Song Hungaria" karena hubungannya dengan kasus aksi bunuh diri ditahun 1932. Lagu yang pernah dinyanyikan penyanyi jaz ternama oleh Billy Holiday menyebabkan lebih dari seratus orang mengakhiri nyawanya setelah mendengarnya,wuiiihhh seremmmm.


Lalu bagaimana sejarahnya lagu ini sampai bisa menyebabkan kasus kematian dan mendapat julukan tersebut? Kisah tentang lagu ini sering kali menjadi legenda, dihiasi kisah mengerikan, disertai banyak detail namun tak bisa diverifikasi. Namun faktanya lagu Gloomy Sunday yang ditulis pada tahun 1932, oleh pianis dan komposer Hongaria Rezso Seress atau Rudolf Spitzer. Kisah hidupnya yang kelam membuat Rezso beberapa kali mengalami depresi akibat Perang Dunia II dan hidup dalam kemiskinan, akhirnya melakukan usaha bunuh diri dengan cara melompat dari jendela apartemennya. Meskipun selamat, ia akhirnya meninggal karena bunuh diri dengan cara mencekik lehernya sendiri dengan kawat di rumah sakit.


Hal itu menghadirkan nuansa suram yang sempurna untuk Seres dalam mengaransemen Gloomy Sunday yang sebenarnya diciptakan pertama kali oleh Laszlo Javor dan menempatkan hati dan jiwanya dalam kesedihan dan kekecewaan.


Pada tahun 1936, Glomy Sunday ditulis dalam bahasa Inggris dengan lirik yang direvisi oleh Ray M.Lewis. Melalui versi Lewis, lagu ini jelas mengacu pada ajakan bunuh diri. Dalam perkembangannya, lagu dan cerita tentang Gloomy Sunday telah dipublikasi secara luas di surat kabar dan majalah populer karena hubungannya dengan kasus bunuh diri.


Menurut majalah Time, dalam artikel berjudul "Musik: Lagu Bunuh Diri," yang diterbitkan 30 Maret 1936, penulis tanpa nama bercerita tentang sejumlah kasus bunuh diri.


Seorang pembuat sepatu di Hongaria bernama Joseph Keller meninggalkan pesan di tempat, bunuh diri dan mengutip beberapa lirik lagu Gloomy Sunday. Beberapa mayat di Danube mati dengan mayat mencengkeram lembaran musik lagu itu. Dua orang menembak diri mereka ketika mendengarkan band memainkan lagu itu. Sedangkan yang lain ditemukan telah mengakhiri hidup mereka sendiri setelah mendengarkan lagu yang dilarang di Hungaria itu.

Seperti diberitakan dalam Daily News Hungary, lagu kontroversial ini pernah dicekal oleh BBC dan pencekalan itu berlangsung selama 66 tahun.Kemudian, baru dicabut pada 2002 silam. outlet-outlet tertentu di AS menolak memainkan lagu itu, karena khawatir hal yang tak diinginkan terjadi. Menurut legenda, lebih dari seratus orang melakukan bunuh diri dan memiliki keterkaitan dengan lagu Gloomy Sunday. Sooo, sahabat klite masih ada yang berani mendengarkan sendirian dimalam-hari.

3. Blink 182 - Adam Songs


Bagi penggemar band Blink 182, lagu Adam Song pasti tidak asing lagi di telinga. Lagu yang begitu muram dan cenderung depresif ini memang terinspirasi dari cerita kehidupan sedih Adam yang berakhir mengenaskan.


Banyak yang menganggap Adam’s Song adalah lagu tentang bunuh diri, karena liriknya yang bernuansa depresi. Salah satu rumornya adalah bahwa Mark menulisnya setelah mendapat surat dari seorang anak bernama Adam yg ingin mengakhiri hidupnya. Tapi rumor tersebut, tidak dapat dibuktikan sampai sekarang karena Mark sendiri tidak memberikan konfirmasi atas rumor itu.


Hingga akhirnya pada 4 Mei 2000, ada sebuah tragedi yang juga menyeret lagu Adam’s Song ini. Greg Barnes, seorang siswa Columbine High School mengakhiri hidupnya sambil menyetel lagu #AdamsSong berkali-kali di CD player nya.

Diduga Barnes mengalami depresi karena dia menyaksikan teman baiknya terbunuh karena tertembak.


Setelah kasus Greg Barnes, akhirnya sang vokalis Blink Mark mengklarifikasi makna sebenarnya dari lagu Adam’s Song ini. Mark berkata: Jika diteliti lebih lanjut, lagu ini sebenarnya adalah lagu anti-suicide.


Saking kontroversialnya lagu ini, Adam’s Song tidak lagi dimainkan live oleh blink-182 sejak tahun 2009. Di tahun itu, sahabat mereka, Adam Goldstein (DJ AM) meninggal dunia dan mereka memutuskan untuk tidak memainkannya lagi. Dan sekitar 3 bulan lalu, Mark mengatakan bahwa blink-182 ‘mempensiunkan’ permanen lagu Adam’s Song dari setlist live mereka. Duh segitunya ini lagu…….

4. Eminem, Rock Bottom


Eminem adalah salah satu rapper yang gemar mengekspresikan kekecewaan dan fantasinya lewat karya lagu . Rapper kulit putih ini dikenal memiliki karakter rap yang sangat khas. Ia begitu disegani oleh musisi lainnya. Selain itu, Eminem juga dikenal memiliki fans yang sangat mencintainya.


Saking dicintai fansnya akan karya lagunya sampai dibawa mati. Adalah David Hurcombe, seorang siswa berusia 17 tahun, menuliskan lagu Rock Bottom di catatannya sebelum memutuskan melemparkan diri ke sebuah kereta yang berjalan.


lirik lagu Rock Bottom diketahui saat penyidik setempat menemukan sebuah catatan yang telah dibuang David di tempat sampah kertas di kamarnya. Menurut penyelidikan catatan itu mengindikasikan bahwa "dia tidak ingin melanjutkan hidup. Di bawah pengaruh lirik lirik, remaja itu menulis: "Pokoknya harus pergi, saya ketinggalan kereta, Bertemu kembali di neraka. “Anyway, got to go, miss my train, see y’all in hell.”


Pada 14 tahun lalu, seperti dikutip dari laman guardian.com, seorang ayah di Inggris menyebut jika salah satu lirik Eminem memiliki pengaruh pada mendiang putrinya yang memutuskan menggantung diri setelah dipulangkan dan diberi surat peringatan dari sekolah akibat masalah alkohol.(FTR)

72 tampilan0 komentar