Ini loh, Istilah Platform Digital di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)



Aktivitas kehidupan manusia berubah total di era adaptasi kebiasaan baru (AKB). Pengusaha dan masyarakat sebagai konsumen dipaksa mengubah gaya menyiasati pandemi Coron dengan bergantung pada paltform digital. Contoh kecilnya adalah manusia 'dipaksa' untuk beralih bekerja dan belajar melalui internet, atau penggunaan masker serta belanja serba online.


Tatanan dan perilaku yang baru berbasis pada platform digital ternyata memunculkan istilah kebiasaan baru di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yakni:


1. Virtual Event


Peningkatan teknologi dan media sosial telah membuka pintu ke cara baru untuk terhubung secara online, dari tur museum virtual hingga sesi Tanya Jawab langsung dengan astronot di luar angkasa. Nah Virtual even bisa diartikan event yang yang dilaksanakan secara online. Bentuk dari virtual event ini bisa berupa ruang diskusi tanya jawab, konferensi, streaming langsung, atau jenis acara apa pun yang berlangsung secara online melalui platform media sosial.


2 Virtual Tour


Salah satu hal yang paling dirindukan masyarakat selama masa pandemi Covid-19 ini adalah berwisata menjelajahi berbagai lokasi wisata karena adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan lockdown di sejumlah Negara. Dengan mengadopsi teknologi, tur virtual merupakan simulasi dari lokasi yang ada, biasanya terdiri dari urutan video atau gambar diam. Hal ini juga dapat menggunakan unsur-unsur multimedia lainnya seperti efek suara, musik, narasi, dan teks. Hal ini dibedakan dari penggunaan siaran langsung atau tele-pariwisata.


Para pelaku industri pariwisata memanfaatkan cara ini untuk menciptakan dan menggunakan peluang baru untuk melayani pelanggan yang ingin menjalankan berbagai aktivitas walau di tengah protokol kesehatan dan sanitasi yang baru.


3 Virtual Meeting


Dalam dunia bisnis, rapat (meeting) adalah sebuah hal yang biasa. Terlebih untuk perusahaan yang sedang berkembang, rapat menjadi bagian rutin yang tidak hanya dilakukan di dalam kantor, namun bisa saja dilakukan di tempat yang jauh.


Sejak pandemi corona merebak ke seluruh negeri, memaksa semua orang untuk tetap berada di rumah; termasuk urusan pekerjaan. Sehingga permintaan atau kegiatan rapat virtual melonjak tinggi dan menjadi tren. banyak opsi untuk menggunakan aplikasi untuk menjadi perantara. Sebut saja Zoom Meeting, Google Meeting, Microsoft Teams dan masih banyak lagi.

Mengutip dari crafters.getcraft., Julia Young berpendapat rapat virtual adalah sebuah kegiatan di mana semua peserta dari berbagai lokasi bergabung dalam waktu yang telah terlebih dahulu disepakati dengan menggunakan media seperti teleconference atau video conference.


Nah itulah, istilah –istilah dari kebiasaan baru berbasis pada platform digital untuk menghindari kontak fisik dan tatap muka. Semoga bermanfaat!! (ftr)


109 tampilan0 komentar
  • Facebook
  • Instagram

©2023 by Digital Klite 107.1 Fm Bandung