Dosen Unpad Ajak Generasi Muda Peduli Bumi Lewat Konten TikTok



Setiap tahun pada tanggal 22 April seluruh dunia merayakan Hari Bumi atau Earth Day untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan.


Dikutip dari laman resmi Earth Day, Hari Bumi pada 1970 silam menyuarakan kesadaran publik yang muncul tentang keadaan planet kita. Dalam beberapa dekade menjelang Hari Bumi yang pertama, warga Amerika Serikat (AS) mengkonsumsi gas bertimbal dalam jumlah besar melalui mobil yang sangat besar dan tidak efisien.


Nah dihari bumi ini, salah satu Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Dr. Ira Mirawati M.Si yang dikenal juga sebagai seleb TikTok viral berkat konten edukasinya yang kocak dan seru ini juga membuat konten tentang kepeduliannya pada bumi. Di antaranya, #Taugasih Kalian Bisa Bikin Konten Cinta Hutan dan Skripsi Bertema Kelestarian Hutan.


Ia mengajak masyarakat untuk menunjukkan kepeduliannya kepada bumi. Kontribusi diperlukan dari siapa pun untuk meminimalisasi dampak buruk perubahan iklim.


“Mau tidak mau, kita harus merawat bumi ini. Ayolah kita sama-sama melakukannya. Di mana pun kita tinggal, entah di kota, di dekat hutan, atau di dekat laut, kita bisa, kok, berkontribusi. Langkah-langkah kecil kita akan membantu meminimalkan dampak perubahan iklim,” kata Ira yang saat ini merupakan Ketua Program Studi Manajemen Komunikasi Fikom Unpad yang dikutip dari laman unpad.


Menyadari bahwa bumi ini perlu dijaga bersama-sama, Ira pun mengajak anak muda untuk mulai peduli dan bergerak dengan cara membuat konten yang seru.

“Kalau sudah mengakses media sosial lebih dari tiga jam sehari, sudah saatnya kita berperan jadi kreator. Tidak perlu pakai gadget yang canggih, kok. Yang penting, konsep kontennya harus dipikirkan dengan matang. Pastikan konten itu bermanfaat, bukan demi mengejar jumlah follower atau view. Nanti malah stres sendiri,” kata Ira yang mendapatkan data bahwa aktivitas bermedia sosial mahasiswanya antara enam hingga delapan jam sehari.


Di platform TikTok konten Ira Mirawati sudah berkali-kali menunjukkan performa yang bagus dengan masuk dalam For Your Page (FYP). Menurutnya, kreator konten harus punya keberanian untuk memiliki ide yang berbeda.


“Konten yang datar-datar saja tidak akan dilirik orang,” ujarnya.(**/FTR)


Foto: jnj.com

57 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua